Jumat, 26 Juli 2013

MERDI SIHOMBING

Saya baru mengenal nama Merdi Sihombing saat menghadiri pembukaan pameran ulos yang diberi nama Partonun Ulos di Galeri Nasional, 17 Juli 2013. Saat itu pula saya tahu lelaki Batak ini sangat peduli pada pelestarian ulos, kain tradisional Batak.

Dalam kesempatan tersebut Merdi anatara lain menyampaikan keprihatinannya mengetahui banyak sekali ulos klasik yang sudah tidak diproduksi lagi. Sebagai orang Batak, Merdi merasa terpanggil untuk menyelamatkan eksistensi ulos.

Salah satu upaya yang dilakukannya adalah memproduksi kembali ulos-ulos klasik yang sudah langka itu. Dalam membuat ulos-ulos ini dia menggunakan bahan-bahan pewarna alami yang ramah lingkungan. Di pameran yang akan berlangsung hingga 16 Agustus ini, dia menampilkan ulos-ulos koleksinya. Dia juga menggelar "fashion show" bertema ulos lewat para model yang berpose sebagai manekin. Tampaknya, melalui peragaan busana yang unik itu, Merdi ingin menyampaikan pesan bahwa ulos bisa juga dipakai sebagai busana yang modis. Dan tentu, Merdi ingin mengajak kita  ikut menjaga kelangsungan hidup ulos-ulos tersebut.

Sebuah upaya yang patut dihargai, menurut saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar